Kajian Semiotika Metafora-Metonimi pada Ilustrasi Karya Pawel Kuczynski “Toy Train and a Real Train”

Semiotika pada ilustrasi Pawel Kuczynski

By Syahla Rifdah Nabilah / 202246501094 / R4E

Dosen Pengampu Mata Kuliah KSRDD : Dr.Sn.Angga Kusuma Dawami M.Sn.

Halo, selamat membaca kembali.
 
Kali ini yang akan dibahas adalah sebuah kajian semiotika metafora dan metonimi pada ilustrasi karya pawel kuczynski.
 
Ilustrasi berasal dari kata Illustrate” muncul akibat pembagian tugas fungsional antara teks dan gambar. Dalam konteks ini Ilustrasi adalah gambar yang dihadirkan untuk memperjelas sesuatu yang bersifat tekstual. Fungsi memperjelas sebuah teks atau bahkan memberi sentuhan dekorasi pada lembar-lembar teks memberi gambaran bahwa saat itu gambar (ilustrasi) adalah subordinan dari teks. Gambar adalah pelengkap teks. Gambar hanyalah wahana untuk mengantarkan pemahaman secara lebih utuh dari sebuah teks. Seorang Ilustrator harus dapat memahami isi teks dan kemudian mengilustrasikannya dalam bentuk gambar.
 
Kajian semiotika kali ini membahas mengenai mitos, metafora dan metomini berdasarkan teori Roland Barthes, berikut penjelasannya. Dalam karya-karyanya, Barthes menyoroti bagaimana metafora digunakan dalam media massa, iklan, dan budaya populer untuk membentuk mitos dan mengarahkan pemikiran dan perilaku masyarakat. Bagaimana dengan metonimi? Metonimi adalah salah satu dari dua proses dasar pembentukan makna dalam bahasaMetonimi melibatkan penggantian sebuah kata dengan kata lain yang terkait secara langsung dengan konteksnya, sementara metafora melibatkan penggantian kata dengan kata yang memiliki makna kiasan.
 
Kembali ke awal, bahwa yang ingij dikaji semiotikanya adalah ilutrasi dari Pawel Kuczynski yang bertema anak anak yaitu “Toy Train and a Real Train”. 
Pawel Kuczynski adalah Salah satu ilustrastor yang mengkritik keadaan social ekonomi dan isu politik dengan gaya satireKuczynski membuat karya dengan teknik gabungan (digital), dengan berbagai tema. Salah satunya ia mencoba untuk mengkritik kesejahteraan anak-anak dari berbagai sisi, karyanya membahas mengenai isu anak-anak.
 
Ilustrasi kuczynski yang memakai perumpamaan metafora, memerlukan analisis dengan menggunakan semiotika. "Semiotik penting bagi seorang desainer karena itu menyangkut banyak cara atas bagaimana suatu desain digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Saat ini, kita telah kehilangan semiotik sebagai suatu alat bantu untuk berkomunikasi, baik secara abstrak maupun dalam pesan-pesan informasi tertentu”. 
 
berikut adalah ilustrasi yang akan dikaji semiotika dan metoforanya 

TOY TRAIN AND A REAL TRAIN



Ilustrasi “Toy Train and a Real Train” oleh Pawel Kucyznski memperlihatkan sebuah kontras dramatis antara sebuah kereta mainan yang dipegang oleh seorang anak dan kereta api nyata yang melintas.
 
Terdapat beberapa ikon utama dalam ilustrasi karya Pawel ini, yaitu seorang anak menggunakan pakaian berwarna coklat, seorang anak yang menggunakan baju berwarna oranye dan celana jeans, ikon sebuah rangkaian kereta berisi batuan atau pasir, serta ikon kereta mainan. 
 
Metafora :
Iconis kereta – KesejahteraanIkonisasi kesejahteraan kepada kereta mungkin dapat disebabkan oleh
 
Metonimi:
Seorang anak memakai kaos, celana jeans, sepatu dan topi sambil menarik kereta mainan. Anak yang satu lagi berpakaian sederhana tanpa alas kaki sedang menarik semacam rangkaian kereta yang sebenarnya.
Gambaran ini menunjukkan bahwa anak yang memakai kaos adalah anak yang memiliki tingkat kesejahteraan yang cukup. Sedangkan anak yang berpakaian sederhana merupakan anak yang memiliki tingkat kesejahteraan yang tidak cukup. Hal ini dapat dipersepsikan dari pakaian yang mereka kenakan, dan juga salah satu anak dapat bermain dengan kereta mainan” sedangkan anak lainnya terlihat dengan susah payah menarik kereta besar.
 
Kontradiksi:
Terdapat perbandingan keadaan seorang anak yang sedang bekerja (kekurangan) dan seorang anak yang sedang bermain (sejahtera). Yang direpresentasikan dengan ikon seorang anak yang menarik rangkaian gerbong kereta dan seorang anak yang menarik kereta mainan.
 
Mitos tentang Kekuasaan dan Kontrol: 
Kereta api nyata adalah simbol kekuatan dan kontrol yang besar, mungkin mewakili pemerintah, industri, atau kekuatan lainnya yang menggerakkan dunia. Sementara itu, kereta mainan yang dipegang oleh seorang anak mungkin menggambarkan kendali yang lebih lemah atau sementara. Ini bisa menjadi peringatan tentang bagaimana kekuatan besar dapat mempengaruhi kehidupan kita tanpa memperhatikan keinginan atau kebutuhan kita.
 
Melalui ilustrasi ini, Kuczynski mungkin ingin menyampaikan pesan tentang perubahan dari masa kecil ke dewasa, di mana ketika kita tumbuh dewasa, kita harus menghadapi realitas yang lebih kompleks dan sering kali keras. Ini juga bisa diartikan sebagai kritik terhadap kehilangan kemurnian dan kepolosan dalam proses pematangan kita sebagai individu. Selain itu, gambar ini juga dapat diinterpretasikan sebagai komentar tentang perbedaan antara impian dan kenyataan, di mana impian masa kecil sering kali bertabrakan dengan realitas dunia dewasa.
 
Secara keseluruhan, ilustrasi ini menggunakan gambaran yang kuat untuk menggambarkan kontras antara dunia anak-anak dan dunia dewasa, mengundang penonton untuk merenungkan tentang perubahan dan tantangan yang dihadapi dalam perjalanan kehidupan.
Terimakasih sudah datang kembali dan membaca laman blog ini.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mendefinisikan Siapa Diri Anda?

ANALISIS SEMIOTIKA PADA ILUSTRASI POSTER FILM KEMBANG API 2023